Kamis, 05 Mei 2016

Tips Cara Meningkatkan Pelayanan Referensi Perpustakaan


       Suatu yang perlu diperhatikan adalah upaya untuk meningkatkan mutu layanan perpustakaan. Dengan mutu pelayanan yang tinggi, perpustakaan akan memperoleh banyak pembaca dan seterusnya akan mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari masyarakat. 



Upaya untuk meningkatkan mutu layanan perpustakaan tidak bisa dipisahkan dari kegiatan pustakawan sehari-hari. Banyak upaya yang harus dilakukan, misalnya adalah:
1.     Pustakawan harus bersikap ramah dan penampilan yang baik dalam memberikan layanan kepada pengguna
Melalui penampilan yang ramah, sikap untuk memberikan layanan kepada pembaca menentukan berhasil atau tidaknya perpustakaan, selain kemampuan teknis yang memadai. Juga memberikan motivasi dan ide-ide apa yang dapat diperoleh dari perpustakaan. Pustakawan hendaknya memberikan bantuan kepada pembaca dengan sungguh-sungguh dan penuh keiklasan. Sesuaikan bantuan yang diberikan pustakawan dengan kebutuhan pembaca.
2.    Menyediakan brosur tentang kegiatan yang ada di perpustakaan.
Melalui brosur pustakawan dapat menyampaikan berbagai kegiatan yang sedang dan akan dikerjakan. Brosur sama dengan iklan, tanpa iklan produk tidak diketahui pembaca, dan tidak laku. Di era teknologi, cara promosi kegiatan perpustakaan dapat dilakukan melalui social media, seperti facebook, twitter, website, dan media online lainnya.
3.    Mengadakan berbagai perlombaan di perpustakaan, seperti lomba membaca, lomba menggambar, lomba bercerita, dan lainnya.
Berbagai perlombaan ini dimaksudkan untuk menarik perhatian dan mengundang para pembaca agar datang ke perpustakaan. Diharapkan dengan adanya perlombaan, akan mendorong pengguna untuk memanfaatkan perpustakaan untuk mencari informasi di perpustakaan.
4.    Mengadakan study tour atau user education bersama di perpustakaan.     
Kegiatan study tour tour atau user education dapat dilakukan secara terjadwal pada perpustakaan umum. Mengajak pengguna berkeliling perpustakaan, karena bisa jadi pengguna tidak perpustakaan karena tidak tahu dengan fasilitas maupun koleksi yang dimiliki perpustakaan. Berikan informasi apa saja yang dikerjakan, apa saja koleksi, fasilitas, layanan, dan letak-letak koleksi di perpustakaan.
5.    Mengundang tokoh masyarakat atau pakar ilmu untuk mengadakan talkshaw.
Dengan mengundang tokoh yang berpengalaman sangat berpotensial untuk diminta kerjasamanya untuk meningkatkan mutu layanan perpustakaan, dengan cara menarik perhatian pembaca dengan senang ke perpustakaan.

Referensi:
Karmidi Martoatmoko. Pelayanan Bahan Pustaka. (Jakarta, Universitas Terbuka, 2009). Hal 1.26 – 1.29.

0 komentar:

Posting Komentar