Selasa, 17 Mei 2016

Penting Mengenal 5 Kebutuhan Hidup yang Musti Kamu Penuhi!



 Menurut Katz, Gurevitch dan Haas seperti yang dikutip Alexis Tan, orang yang mempunyai tingkat pendidian lebih tinggi banyak mempunyai kebutuhan-kebutuhannya dibandingkan dengan orang yang berpendidikan rendah. Yang bener? 


Jadi, gini orang yang tingkat pendidikannya tinggi, lebih banyak mempunyai kebutuhan akan sesuatu daripada orang lain pada umumnya. Perbedaan individual akan menentukan kebutuhan informasi seseorang. Karena setiap orang memiliki keunikan dan perbedaan, maka kebutuhan informasi yang dibutuhkan bisa sama atau berbeda, termasuk di dalamnya kebutuhan akan informasi.

Terpenuhinya kebutuhan akan menimbulkan perasaan puas, menginginkan, atau mengharapkan. Nah, jadi Kamu Musti Kenali 5 Kebutuhan Hidup, agar kamu bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan itu dengan baik. Agar Hidupmu juga seimbang dan bahagia. 

Apa saja ya 5 Kebutuhan itu? Dalam bukunya Alexis Tan mengemukakan, 5 kebutuhan hidup yang harus dipuaskan adalah:
1.   Kebutuhan Kognitif: Kebutuhan ini bertujuan untuk memperkuat pengetahuan dan pemahaman orang terhadap lingkungannya. Kebutuhan ini didasarkan pada keinginan individu untuk memahami dan menguasai lingkungannya. Sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu merasa ingin tahu akan segala sesuatu yang pernah dan sedang terjadi. Kebutuhan ini banyak dirasakan oleh orang di dunia pendidikan, penelitian dan pengembangan.  Kebutuhan kognitif ya ini salah satunya kamu sedang membaca artikel ini (menambah pengetahuan) dan saat kamu belajar di sekolahan atau di kampus, gaes.
2. Kebutuhan Afektif: Kebutuhan ini dikaitkan dengan kebutuhan estetis (hal yang dapat menyenangkan dan pengalaman emosional). Media komunikasi dapat dijadikan sebagai alat untuk memuaskan kebutuhna afektif, sebagai contoh televisi, radio, dan komputer. Afeksi dalam pembahasan ini dimaknai sebagai rasa penghargaan diri terhadap situasi, kondisi, waktu, lingkungan, dan orang lain.  
3. Kebutuhan Integrasi Personal: Kebutuhan ini dikaitkan dengan penguatan kredibilitas, kepercayaan, satabilitas, dan status individu. Kebutuhan ini berasal dari hasrat seseorang untuk mencari harga diri. Kita dapat tampil beda jika sedang menelusuri informasi melalui internet. Kemudian, berbekal informasi yang telah didapatkan secara manual dan online, sikap kita akan semakin matang dan percaya diri gaes.
4.  Kebutuhan Integrasi Sosial: Kebutuhan merupakan kebutuhan untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, dan orang lain dalam masyarakat. Misalnya: individu berkomunikasi dengan orang di belahan dunia melalui chatting, e-mail, facebook, dan online game.  Tapi yang perlu di ingat, walaupun berkomunikasi dapat secara online/virtual, jangan sampai kamu menjadi manusia yang lupa bagaimana bersosial di dunia nyata. Kita juga kudu peka terhadap lingkungan sekitar, misal menjengguk teman dekat dengan datang kerumahnya jangan cuma sekedar kirim ucapan “semoga cepat sembuh ya”, mana rasa sosialmu coba? atau contoh lain yang sederhana kamu membantu orang tua, menyapa tetangga, dan lainnya.
5. Kebutuhan Berkhayal: Kebutuhan ini dikaitkan dengan kebutuhan untuk melarikan diri, melepaskan ketegangan, dan hasrat untuk mencari hiburan. Apabila seseorang tidak puas dengan kehidupan sosial di lingkungannya, kemudian dapat melarikan diri ke dalam dunia yang sesuai dengan apa yang diinginkan, contohnya dunia maya, menonton film, membaca buku, dan menulis.     

Gimana pendapatmu gaes tentang 5 kebutuhan hidup? Semoga setelah membaca artikel ini, kamu jadi bisa lebih kenal dengan 5 Kebutuhan Hidup dan bisa memenuhi dengan seimbang ya, agar hidup bahagia dan awet muda..*ehh…

REFERENSI:
Tan,   Alexis, Mass Communication Theories and Research, Columbus: Ohio Grid Publisihing, 1981.    Yusup, Pawit M, Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

#KIMV #librarian #perpustakaan #pustakawan #kebutuhanhidup

0 komentar:

Posting Komentar